Home » » Bagaimana Cara Menggunakan Twitter? Pahami Dulu Istilah-Istilah Twitter

Bagaimana Cara Menggunakan Twitter? Pahami Dulu Istilah-Istilah Twitter

Saat ditanya oleh salah seorang teman, bagaimana cara bermain twitter, bagaimana cara menggunakan twitter ? saya pun sedikit kebingungan untuk menjelaskan bagi para pemula twitter.  Namun, menurut pengamatan saya dalam menggunakan twitter ada beberapa bahasa dalam twitter yang harus diketahui sebagai panduan twitter bagi pemula. Berikut adalah istilah-istilah penting Twitter yang perlu anda ketahui untuk mengerti bagaimana cara menggunakan twitter.
Postingan ini saya tujukan khusus untuk teman saya yang bertanya bagaimana cara menggunakan Twitter? serta bagi pembaca bog http://mdarulm.net pada umumnya yang mungkin kebetula baru belajar ngetweet sebaiknya simak beberapa istilah-istilah penting dalam kamus bahasa twitter berikut ini sebagai langkah awal masuk dunia timeline yang kejam :D : cekidot
Tweet:
Sebutan untuk setiap posting/status dalam Twitter. Isi tweet  terbatas hingga 140 karakter saja.
Follow:
Akun Twitter yang Anda ikuti update tweet-nya. Untuk mengikuti tweet akun Twitter tertentu cukup klik tombol Follow pada saat Anda membuka halaman akun Twitternya.
Follower:
Akun Twitter yang mengikuti update tweet Anda. Untuk mengetahui siapa-siapa saja yang mengikuti tweet Anda, klik menu Followers yang ada di sebelah kanan atas halaman Twitter Anda.
Mention (@):
Menyebut id twitter seseorang dalam isi tweet, sering digunakan untuk me-reply. Untuk mengetahui siapa saja yang telah menyebut id twitter Anda, klik tulisan @connect yang ada menu twitter.
Retweet (RT):
Mengulang isi tweet orang lain. Fungsi ini sangat berguna untuk menyebarkan isi tweet orang lain yang menurut Anda menarik dan penting tanpa menghilangkan identitas si pemilik tweet.
Hashtag (#):
Hashtag berfungsi untuk memberi tanda pada topik tertentu agar orang lain dapat dengan mudah mencari topik tersebut.
Livetweet:
Rangkaian tweet yang dibuat secara langsung dalam sebuah acara, event, keadaan atau  tempat kejadian perkara.
Tweeps:
Sebutan untuk pengguna Twitter. Banyak sekali sebutan untuk para pengguna twitter tergantung masing-masing user bisa Tuips, Tweman, dll.
TTWW:
Topik yang paling banyak di perbincangkan di dunia atau Wolrd Wide pada satu waktu tertentu.
Beberapa istilah penting tersebut diatas merupakan beberapa istilah yang diambil dan dipahami dari beberapa sumber terkait. Untuk lebih jelas silahkan anda langsung take action dengan menuliskan tweet pertama anda.
Sementara itu, sudah jelas bahwa perkembangan zaman mempengaruhi gaya hidup banyak orang. Perkembangan internet dan dunia sosial media juga berpengaruh dalam banyak hal contoh yang sudah nyata adalah munculnya gerakan dari sebuah twitter di Mesir serta dari twitter banyak muncul gerakan sosial yang bermanfaat seperti : @Blood4Life, @IDCerita, @IdBerkebun, @AkademiBerbagi dan masih banyak komunitas-komunitas lain yang bermanfaat. Untuk mengetahui lebih jauh silahkan follow dan ikuti perkembangan dunia digital untuk lebih memahami bahwa internet bukan hanya tempat curhat seperti di Facebook saja. Setuju?
Btw, Pak Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono baru-baru ini juga mulai masuk dunia twiter dengan merilis  akun twitternya di @SBYudhoyono. Kamu kapan? hehehe
Semoga artikel ini bisa memuaskan teman saya yang bertanya tentang bagaimana cara bermain twitter? agar setiap kali ada yang bertanya bagaimana sih cara menggunakan twitter..saya hanya perlu jawab silahkan di pahami dulu istilah-istilah di twitter dan baca dulu di blog ku ya! heheh.....

0 comments:

Post a Comment